Rabu, 28 Agustus 2019

MENCIPTAKAN SUASANA KELAS YANG EFEKTIF


MENCIPTAKAN SUASANA KELAS YANG EFEKTIF

         A.         KONDISI BELAJAR YANG EFEKTIF
1.      Menarik minat dan perhatian siswa.
Kondisi belajar yang efektif yaitu saat guru membuka pembelajarn siswa sudah tertarik dalam proses pembelajarn sehingga saat memulai sampai menutup pembelajaran siswa selalu termotivasi dan semangat dalam proses pembelajaran.
2.      Membangkitkan motivasi siswa
Guru yang cekatan supaya kelas bisa efektif yaitu guru harus bbisa membangkitkan motivasi siswanya selalu memberikan motivasi penekanan-penakan supaya siswa tak pernah putus asa dalam hal apapun.
3.      Memberikan pelayanan individu.
Perlunya keterampilan guru dalam memberikan variasi pembelajaran agar dapat diserap oleh semua siswa dalam berbagai tingkatan kemampuan dan disini pulalah perlunya pelayayan individu siswa.
4.      Menyiapkan dan menggunakan berbagai macam media dalam pembelajaran. 
Alat peraga/media pelajaran adalah lata-alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaiakn kepada siswa dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri siswa.

         B.          MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG MENYENAGKAN
1.      Menciptakan iklim yang nyaman buat anak didik.
Iklim yang nyaman akan menghilangkan kecanggunagn siswa baik sesama guru maumpun sesam siswa sendiri.hal ini juga bisa mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan sehingga komunikasi antar pendidik dan anak pendidik dapat terhubung.
2.      Dengarkan dengan serius tiap komentar atau pertanyaan yang di ajukan oleh siswa.
Jika ada siswa mengajukan pertanyaan,sebisa fokus dan memperhatikannya meski sederhana hal ini akan menimbulkan percaya diri siswa karena ia di perhatikan.
3.      Jangan ragu memberikan pujian
Kita juga bisa memuji setiap komentar yang diajukan oleh anak didik.
4.      Berikan pertanyaan yang bisa di jawab siswa.
Untuk emngajak siswa memberikan komentar atau pertanyan maka giliran kitalah untuk mengajukan pertanyan dalam memancing untuk membuat anak didik kita tidak lagi bungkam di dalam kelas
5.      Biarkan siswa mengetahui pembelajaran sebelum kelas dimulai.
Minta para siswa untuk mempelajari bahan yang nantinya akan ditanyakan sehingga,ia akan mempersiapkannya terlelbih dahulu.
6.      Controlling 
Kontrol para siswa dengan alat kontrol yang sudah kita miliki.gunanya adalah untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang berpartisipasi dalam kelas.


14 komentar: