RANGKUMAN
TENTANG
HAKEKAT MANAJEMEN KELAS DI SD
A. Belajar dan Mengajar
Kita semua tahu bahwa
belajar dimulai sejak lahir dan berlanjut sepanjang hidup kita. Kita
belajar sesuatu baik secara kebetulan atau tidak sengaja dalam situasi umum dan
alami kehidupan kita. Sebagai guru kita harus tahu bahwa 'belajar' adalah
inti dari proses pendidikan.
Belajar adalah proses
yang dilanjutkan melalui berbagai langkah. Atribut utama belajar sebagai suatu
proses memasukkannya sebagai perubahan permanen dalam Atribut utama belajar
sebagai suatu proses memasukkannya sebagai perubahan permanen dalam perilaku
seseorang, tetapi bukan karena perubahan karena penyakit, kelelahan, dan
penggunaan minuman keras. Atribut berikutnya adalah bahwa pembelajaran
dimanifestasikan dalam perilaku atau kegiatan individu yang tidak dapat diamati
secara langsung. Pembelajaran menghasilkan beberapa perubahan dari kontak
terus-menerus dengan alam. Atribut terakhir adalah bahwa pembelajaran
tergantung pada praktik dan pengalaman dalam situasi tertentu. Seperti
yang kita ketahui tujuan utama pembelajaran adalah membawa perubahan yang
diinginkan padakita perilaku, sangat penting bagi kita untuk mendapatkan
pengetahuan tentang bagaimana orang belajar ketika mereka bersentuhan dengan
lingkungan belajar dan dalam proses interaksi dengan individu. Juga sangat
penting untuk mengetahui bagaimana seorang individu menerapkan pengetahuan yang
diperoleh melalui pembelajaran pada lingkungan dan orang-orang yang tinggal di
sekitarnya. Dengan mengetahui proses hasil belajar yang diinginkan.
Sangat penting bagi para
guru untuk mengetahui tentang konsep istilah 'belajar' sebelum terlibat
dalam proses pengajaran. Ini akan memfasilitasi para guru untuk
mendapatkanmenyeluruh pemahamantentang makna dan definisi pembelajaran.
Belajar adalah tindakan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan
nilai-nilai dengan memahami apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukan
tugas apa pun dengan mensintesis berbagai jenis informasi yang dirasakan oleh
kami. Belajar membawa perubahan dalam perilaku individu yang ada. Manusia,
hewan, dan tumbuhan belajar Seorang anak mulai belajar bahkan di dalam rahim
ibu dan itu melibatkanterus menerus pelatihan atau praktikuntuk menghasilkan
perubahan permanen dalam perilaku. Belajar tidak hanya membawa perubahan dalam
perilaku yang ada pada individu tetapi juga memungkinkan individu untuk
mendapatkan perilaku baru. Perubahan yang dibawa melalui pengalaman dan
pelatihan dengan belajar akan stabil dan bertahan lama. Ini mempersiapkan
individu untuk beradaptasi dan beradaptasi dengan lingkungan yang ada.
Belajar
adalah proses yang menempati peran penting dalam membentuk struktur
kepribadian
dan perilaku kita. Ini mengembangkan perilaku yang diterima secara sosial dan
juga ada peluang yang sama untuk membangun sisi negatif dari perilaku manusia.
Kebutuhan belajar untuk memenuhi beberapa kebutuhan pribadi karena merupakan
tujuan dan berorientasi pada tujuan. Mengenali dan mengidentifikasisemacam
itu kebutuhanmemungkinkan kita untuk mengevaluasi apakah pembelajaran itu
bermanfaat dan berhasil. Belajar melibatkan cara-cara baru dalam melakukan
sesuatu tanpa batas untuk mengadopsi cara-cara dan sarana untuk mencapai
tujuan. Ini adalah proses yang berkelanjutan dan komprehensif yang melibatkan
berbagai metode dan mencakup ranah konatif, kognitif, dan afektif perilaku
manusia.
Perubahan sementara
karena pematangan atau kelaparan dikeluarkan dari pembelajaran. Kita juga harus
tahu bahwa respons terhadap kecenderungan seperti insting dan refleks, dll.
Tidak dapat dikaitkan dengan pembelajaran. Ex. Kami mengedipkan mata pada
cahaya terang; kamimelepas tangan kami segeraketika Anda menyentuh benda panas
atau dingin.
B. PEMBELAJARAN DAN PRINSIP-PRINSIP PENGAJARAN – BELAJAR
1. Struktur
2. Pengantar
3. Tujuan
4. Karakteristik dan 1 kebutuhan Peserta Didik
5. Dimensi Perbedaan pada Pembelajar
6. Mencocokkan Gaya Mengajar dengan Gaya Belajar
7. Menantang Pembelajar dan Guru yang Berkembang
8. Penggambaran Objektif Instruksi
9. Keterampilan Mengajar dan Belajar
10. Keterampilan Mengajar
11. Keterampilan Belajar
12. Makna, Prinsip dan Signifikansi Pembelajaran
13. Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran
14. Hubungan antara Pengajaran dan Pembelajaran
15. Transfer Pembelajaran
16. Mengajar untuk Transfer Pembelajaran
17. Mari kita Jumlahkan
18. Jawaban untuk 'Periksa Kemajuan Anda'
19. Latihan Unit-end
20. Bacaan yang Disarankan
C. Keterampilan
mengajar dan belajar
Keterampilan Mengajar Mengajar adalah proses
yang memfasilitasi pembelajaran. Mengajar adalah aplikasi khusus pengetahuan,
keterampilan, dan atribut yang dirancang untuk memberikan layanan unik untuk
memenuhi pendidikan kebutuhan individu dan masyarakat. Efektivitas proses
belajar mengajar menganut keterampilan mengajar guru dan keterampilan belajar
peserta didik. Beberapa poin utama dari keterampilan mengajar adalah sebagai
berikut:
1)
Keterampilan
interaktif ini mencakup keterampilan interpersonal, keterampilan berbicara yang
efektif dan keterampilan presentasi dalam proses belajar mengajar. Guru perlu
cukup percaya diri untuk menangani masalah subMect dan harus siap menjelaskan
dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik
2)
Kegiatan
yang direncanakan sebelumnya untuk pengajaran dengan mempertimbangkan kebutuhan
dan minat peserta didik harus dikembangkan oleh para guru. Keahlian untuk
bekerja dalam tim dan kelompok yang diperlukan bagi para guru. Guru harus
memiliki keterampilan penyelesaian konflik untuk menghadapi siswa
3)
Guru harus merasakan emosi siswa dalam masuk ke yang
rumit bantuan untuk siswa atau di antara kelompok
sebaya. Guru
harus mencoba membangun kepercayaan dan hubungan dengan topik
dan bekerja bersama mereka bersama menuju tujuan.
D. Tujuan
Mengajar
Tujuan mengajar adalah mewujudkan
pembelajaran.
1.
Pengajaran
membutuhkan pengaturan formal tetapi pembelajaran dapat terjadi baik secara
formal atau secara informal.
2.
Guru tidak
mengendalikan keseluruhan proses belajar. Ada banyak faktor lain yang
menentukan apakah siswa mempelajari berbagai subMect atau tidak, seperti karir
masa depan tujuan, pengaruh orang tua atau teman sebaya, dan bagaimana perasaan
mereka tentang guru.
3.
Siswa
harus mau belajar. Mereka harus termotivasi dengan satu atau lain cara. Guru
tidak bisa mengajar mereka yang tidak mau belajar.
4.
Metodologi
pengajaran harus bervariasi oleh guru untuk mengakomodasi perbedaan gaya
belajar individu siswa. Tidak ada satu ukuran cocok untuk semua metode
pengajaran. Gaya belajar menunjukkan gaya mengajar
5.
Kinerja
mengajar pada umumnya diukur dengan hasil belajar siswa. Belajar adalah juga
tidak terukur.
6.
Tujuan
akhir dari pengajaran adalah untuk memungkinkan pelajar untuk belajar sendiri,
agar menjadi pembelajar seumur hidup.
7.
Mengajar
harus berpusat pada siswa dan pembelajaran.
8.
Guru
dan administrator sekolah ada karena siswa atau terhubung erat dan pengajaran
yang efektif adalah komponen penting dari pendidikan.
SUMBER PEMBELAJARAN
karya yg bagus mur
BalasHapusTerimakasih atas komentanya wid, adapun isi dari karya tulis di atas tak luput dari pembahsan kita sehari-hari dari sinilah kita sangat perlu lebih memahami dan menerapkannya dalam kehidupan keseharian kita
Hapusapa yang saudara lakukan jika dalam proses pembelajarn seorang guru sedang menjelaskan pelajaran sedangkan siswa nya msih ribut dan tidak fokus dalm pembelajaran.apa strategi yang akn saudara lakukan?
BalasHapusDalam suatu kelas tentu semua siswa nya memiliki karakter yang berbeda, ada yang pendian ada yang peribut dan ada yang biasa-biasa saja, dari sinilah kita sebagai seorang guru harus pandai dalam mengelola kelas, maka dari itu adapun strategi yang dapat dilakukan ketika suasana kelasnya ribut
Hapus1. Jadilah seorang guru yang humoris karena dengan humoris yang dimiliki guru bisa membuat siswa merasa kenyamanan tersendiri dalam belajar
2. Ubahlah metode belajar yang diterapkan karena kemungkinan penggunaan metode yang salah bisa membuat siswa tidak paham akan pembelajaran sehingga siswa malas dan terjadilah keributan
3. Selingi metode yang diterapkan dengan suatu permaianan karena pada saat itu kemungkinan siswanya sedang jenuh dalam belajar maka buatlah suatu permainan untuk memulihkan kembali kefokusan siswa itu dalam belajar.
4. Sesekali tegaskan volume suara gurunya karena volume suara yang sesuai dengan keadaan dalam suatu kelas bisa memaksimalkan kembali kondisi kelas yang ribut
5. Guru harus memperhatikan lawan sebangku anak, jika ia sama-sama peribut sebaiknya dipisahkan
6. Gunakan media yang semenarik mungkin untuk meningkatkan kefokusan siswa tersebut dalam belajar.
7. Hindari kekauan terhadap diri seorang guru karena hal itu bisa menyebabkan kebosanan siswa dalam belajar.
Karya yg bagus, Semoga bisa jadi motifasi bagi si pembaca.
BalasHapusTerimakasih atas pujiannya, Aamiin ya allah
HapusTerimaksih! Artikel nya sangat bgus dan dapat memberikan wawasan bgi calon guru..
BalasHapusDlm artikel trb saya pribadi ingin bertanya..yang mana yaitu tentang mslah ank dikelas..tlong jelaskan bagaiamana cara menghadapi jika anak tersebut melakukan kekacauan didlm kelas..!
Apakah ank tersebut dikhusus kn atay gmana.?
Mksih
Dalam suatu kelas kita menemukan banyak karakter anak, ada yang mau belajar dan ada yang tidak mau belajar, yang mau belajar pasti akan fokus mendengar gurunya dalam menyampaikan suatu pembelajaran sedangkan yang tidak mau belajar pasti akan memilih untuk membuat keributan di dalam lokal, tapu semua itu tidak tergantung juga dengan karakter anak yang bermasalah akan tetapi dalan era globalisasi ini kita sebagai seorang guru harus bisaerubah anak dari yang tidam mau belajar menjadi mau belajar karena itu merupakan kewajiban kita sebagai seorang guru.
HapusDan dalam suatu kelas itu tidak semua anak yang tidak mau belajar akan tetapi hanga beberapa orang yang tidak mau belajar maka dari itu seorang guru dekatilah anak yang tidak mau belajaf tersebut dan berikan motivasi yang sebaik mungkin untuk menyemangatkan kemauan belajarnya. Dan anak yang tidak mau belajar bukan hanya diswbabkan kurang motivasi dari guru dalam belajar akan tetapi juga bisa disebabkan kurangnya perhatian dan motivasi belajar dari orang tua nya, terkadang ada anak yang datang dari keluarga yang broken home yang kurang perhatian dari orang tua nya maka disinilah peran guru untuk memberi perhatian dan motivasi kepada anak tersebut.
Makasih kak, karya nya bagus
BalasHapusAlhamdulillah atas pujiannya, segala kesempurnaan tidak luput dari suatu kekurangan, semoga karya tulis di atas bisa bermanfaat bagi si pembaca
BalasHapusSebaiknya mengajar anak dibawah umur,tidak mengunakan metode tegas dalam mengajar,karna dapat mempengaruhi mental anak.yg dpat mendorong anak malas belajar dan bolos sekolah,
BalasHapusTerimaksih atas masukkan nya, tapi di situ udah dijelaskan bahwa sesekali tegaskan suara gurunya bukan dalam keadaan yang berlaru-larut dan tegas suaranya bukan bearti memarahi anak akan tetapi keras maksudnya disini voluem suaranya itu lebih dilantangkan, supaya anak itu tidak terlena dengan voleme nada gurunya yang rata tersebut..
HapusSebaiknya mengajar anak dibawah umur,tidak mengunakan metode tegas dalam mengajar,karna dapat mempengaruhi mental anak.yg dpat mendorong anak malas belajar dan bolos sekolah,
BalasHapusbaguss..materinya sangaat bermanfaat 👌
BalasHapusTerimakasih atas pujiannya kak, semoga si pembaca bisa memahami dan menerapkan dalam keseharian, aamiin ya allah
HapusTerimakasih artikelnya sangat bermanfaat.
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih telah membacanya
HapusTerimakasih artikelnya sangat membantu
BalasHapusTerimakasih kembali telah membacanya
HapusTerimakasih artikelnya sangat membantu
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih kembali telah membacanya
HapusTerimakasih, artikel ini cukup membantu
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih telah membacanya
Hapusbagus bangat karya nya
BalasHapusBagus sekali kaka artikel nya.
BalasHapusAlhamdulillah terimakasih
Hapussangat membantu sekali kak
BalasHapusAlhamdulillah, semoga bermanfaat ya
HapusTerimakasih, karya tulisnya saya jadikan sebagai rujukan
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih kembali telah membacanya
HapusBagus karya tulisnya
BalasHapusAlhamdulillah terimaksih
HapusKarya nya sangat bagus
BalasHapusTerimakasih
HapusIni sangat membantu
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih telah membacanya
HapusSanagt membantu kak
BalasHapusMateri ini sangat membantu, baguus
BalasHapusArtikelnya sangat membantu 👍
BalasHapusBagus sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih, bermanfaat sekali
BalasHapusSangat bermanfaat
BalasHapusSangat bagus
BalasHapusSangat bagus artikel nya min
BalasHapusArtikelnya Sangat bermanfaat
BalasHapusSngat brmnfaat
BalasHapus